By December 24, 2014 0 Comments Read More →

Membangun Orientasi Strategis Untuk Memenangkan Kompetisi

Membangun Orientasi Strategis Untuk Memenangkan Kompetisi 
Hotel Ibis Styles, Yogyakarta | 29 – 31 January 2015 | IDR 5.800.000
Hotel Ibis Styles, Yogyakarta | 12 – 14 March 2015 | IDR 5.800.000
Hotel Ibis Styles, Yogyakarta | 28 – 30 April 2015 | IDR 5.800.000
Hotel Ibis Styles, Yogyakarta | 18 – 20 Agustus 2015 | IDR 5.800.000

 

 

DESCRIPTION

Didalam iklim bisnis yang semakin kompleks sekarang ini, manajer dan pimpinan lainnya membutuhkan perspektif yang lebih baik untuk menangkap peluang dan mengelola tekanan resiko untuk tetap kompetitif di dalam persaingan. Mereka juga perlu melakukan penyegaran pembelajaran secara berkelanjutan, pada konteks individual dan organisasional.

Keunggulan kompetitif lahir dari proses pembuatan keputusan kompetitif yang tepat. Situasi kompetisi industri sekarang ini dirasakan semakin intens dan meningkat eskalasinya yang memberi konsekuensi tuntutan adanya pengembilan keputusan kompetitif yang lebih cepat dan lugas. Konteks lingkungan bisnis sekarang juga semakin kompetitif, semakin global, semakin berbasis pengetahuan dan semakin dinamis. Pengambil keputusan harus berhadapan dengan isu-isu yang semakin kompleks dan cepat berubah. Pengambil keputusan juga perlu mengantisipasi langkah-langkah strategis dan taktis yang dilakukan pesaingnya. Mereka juga perlu memiliki budaya korporasi yang mengkondisikan mereka untuk selalu aware dan update terhadap berbagai gelombang perubahan kompetitif.

Keputusan kompetitif yang baik tidak hanya berlandaskan sekedar pada pemberian informasi yang lebih banyak kepada pengambil keputusan. Beberapa waktu lalu, masih cukup mudah untuk mengelola informasi yang tersedia dan juga didukung kondisi lingkungan kompetitif yang masih relatif stagnan. Pada situasi sekarang yang semakin dikondisikan dengan perubahan lingkungan bisnis yang semakin massif dan dinamis, keputusan kompetitif yang baik akan muncul dari kalangan manajer yang memiliki informasi yang smart atau memiliki dimensi orientasi/kecerdasan kompetitif di dalam konteks budaya organisasi yang kompetitif pula. Keputusan kompetitif yang baik akan muncul dari para manajer yang memiliki akses terhadap informasi dan kecerdasan yang mereka butuhkan untuk membuat sebuah keputusan yang tepat, cepat dan lugas dalam kondisi dinamika perubahan.

Orientasi strategis terhadap konteks industri terkini yang dijalankan secara efektif akan memperbaiki kemampuan para senior staf dan manager serta eksekutif senior untuk mengelola resiko industri, merespon signal awal dari perubahan industri, mengatasi ancaman kompetisi, dan mengantisipasi peluang pasar guna mempertahankan  atau mendapatkan keunggulan kompetitif. Program ini akan mencakup pemahaman atas dinamika dan konteks pesaing, pasar, teknologi, keuangan, pemasaran dan kecerdasan stratejik secara komprehensif.

Secara spesifik, workshop ini dimaksudkan untuk membekali staf senior dan manajer serta calon-calon manajer di lingkungan perusahaan untuk memperluas dan memperdalam pemahaman kontekstualnya dalam rangka memahami asumsi personalnya secara kritis, memahami trend-trend internal dan eksternal organisasi secara kritis, memahami pembelajaran berbasis pengalaman yang dialaminya secara kritis dan menstimulasi pemikiran-pemikiran kreatif dan cerdas tentang masa depan bisnisnya serta meningkatkan kapabilitas mereka  untuk melakukan analisis dan rencana skenario di dalam aktivitas business forecasting-nya sebagai konsekuensi perubahan status perusahaan dari perum menjadi persero.

 

WHO SHOULD ATTEND

Pelatihan ini akan  dilaksanakan secara praktikal, partisipatif dan relevan bagi  Manajer, Supervisor,  Coordinator, Engineer, Foreman, dan Staf Senior lain yang memiliki tanggung jawab supervisi kepada bawahannya.



OBJECTIVE

  • Peserta mampu menggunakan konsep berpikir skenariotif yang cepat dan lugas untuk mengeksplorasi dan memprioritaskan dinamika ketidakpastian  secara kritis yang akan mempengaruhi industri dan strategi perusahaan.
  • Peserta mampu mengembangkan agenda pembelajarn untuk memperluas dan memperdalam pemahaman organisasi terhadap berbagai isu kompetitif dan inisiatif untuk mengelolanya secara produktif.
  • Peserta mampu menganalisis secara kritis asumsi strategis yang tersembunyi secara kritikal dan sistem tata nilai yang mempengaruhi proses pengambilan keputusan dari semua pesaing di dalam industrinya.
  • Peserta mampu membangun kapasitas internal yang memadai untuk mengadopsi aplikasi rencana skenario terhadap berbagai isu, tantangan dan pilihan dari  dinamika kompetisi yang dihadapi oleh perusahaan.
  • Peserta mampu memunculkan inisiatif yang bersifat multidisiplin, kreatif dan provokatif sebagai sistem respon terhadap isu-isu dan trend kompetisi yang akan mempengaruhi eksistensi bisnis perusahaan.

 

SUMMARY OUTLINE MEMBANGUN ORIENTASI STRATEGIS UNTUK MEMENANGKAN KOMPETISI

  1. The Role of Competitive Orientation in Improving Corporate Competitiveness
  2. The Need for Better Competitive Orientation to Compete in the Future
  3. Corporate Capability to Deliver Competitive Orientation to Decicion Makers
  4. How Corporations Manage their Competitive Orientation Function: Process Approach
  5. Competitive Orientation Dynamics at Fieldwork: Problems & Solutions
  6. Benchmark Comparisons in CO Practice
  7. Global Competitive Orientation: Corporate Case Studies

 

 

COURSE METHOD

  1.  Presentation
  2. Discuss
  3. Case Study
  4. Evaluation
  5. Simulation

 

COURSE SPEAKER

Irfan Riza, SE, MSc, MA (CM)
(Certified Mediator and Senior Consultant in Conflict Transformation, CSR based on ISO 26000, Social Audit, Government Relations, Community Building and Development )

 

TIME & VENUE

  • Hotel Ibis Styles,Hotel Dafam,Malioboro, Yogyakarta
  • 29 – 31 January 2015
  • 12 – 14 March 2015
  • 28 – 30 April 2015
  • 18 – 20 Agustus 2015
  • 03 days (08 am – 04 pm)

 

COURSE FEE

IDR 5.800.000,- Per Participant non residential

 

FACILITY

  1.  Module / Handout
  2. Certificate
  3. Souvenir
  4. Training Kit

 

About the Author:

http://www.twitter.com/avisdjamal

Post a Comment